Senin, 26 Maret 2012

Prosesor komputer dengan bagian-bagiannya

Prosesor komputer adalah sebuah otak dari sebuah komputer, prosesor ini yang mengatur segala kerja dan pemrosesan pada sebuah komputer, sebagaimana otak manusia, fungsinya menerima input yang diberikan sehingga mengeluarkan output dengan bantuan hardware lain. Sebuah prosesor tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari perangkat yang lain seperti HDD(Hard Disk Drive), RAM(Random Access Memory), PSU(Power Supply), Motherboard dan perangkat lainnya.

Sebenarnya bagaimana sih bentuk prosesor itu?

Salah satu prosesor komputer dari merk AMD

Prosesor Intel dan bagian dalamnya

Heat Spreader
Merupakan bagian terluar dan teratas sebuah prosesor yang fungsinya untuk menebarkan panas dari cip silikon dan melindungi cipnya ketika prosesor hidup dengan didinginkan oleh Heat Sink Fan.

Silicon Chips
Cip silikon atau sering disebut die ini merupakan sebuah bagian pusat dari sebuah mikroprosesor yang bertugas mengkomputasi dan mengeksekusi secara kompleks segala kegiatan perkomputeran. Die ini terdiri dari beberapa juta transistor yang ditanamkan. Dalam die ini ada beberapa bagian seperti dalam gambar:
Bentuk asli tempat sebuah pusat pemrosesan komputer "die" dibalik heat spreader

Core: Merupakan bagian inti pusat yang mengolah semua perintah dalam pemrosesan. Setiap prosesor memiliki jumlah core yang berbeda. Karena core ini merupakan sebuah tempat kerjanya pemrosesan maka semakin banyak corenya semakin cepat juga pemrosesan sebuah perintah yang diberikan.

Cache: Adalah memory berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil, namun keceptannya sangat tinggi. Dalam terminologi hardware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan jauh lebih rendah. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau instruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor.

Memory Controller: Merupakan sebuah sirkuit digital yang mengolah data yang mengalir menuju dan dari memory utama.

Semua CPU ditugaskan dengan clock speed dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz), Namun yang lebih sering dijumpai pada komputer modern saat ini adalah yang gigahertz (GHz). Umumnya, semakin tinggi clock speed, kinerja yang lebih baik dan cepat akan anda dapatkan.

Substrat: Merupakan bagian yang menopang heatspreader dan silicon chip dengan difalisiltasi sebuah kontak ke motherboard berupa "pin" yang umumnya berwarna kuning untuk menempatkan prosesor dengan socket yang terdapat dalam motherboard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar