Minggu, 28 September 2014

Tips menghadapi sidang skripsi

 Beberapa minggu yang lalu saya baru mengalami sebuah pengalaman paling berkesan, yak... menjalani sidang skripsi. Ketakutan, cemas dan suasanaa hati yang tidak karuan jelas saya alami, namun dengan beberapa tips dibawah ini alhamdulillah saya bisa menjalani sidang skripsi dengan cukup mudah, mungkin bisa sobat praktekan juga saat sobat sendiri akan mengalaminya.

Saat sebelum sidang:

1. Pahami isi skripsi sobat
Minimal dengan memahami alur dari penelitian pada skripsi sobat, sobat bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang para dosen layangkan kepada sobat. Tidak usah menghapal seluruh isi skripsi sobat, karena hal itu tidak mungkin, tenang saja... para dosen tidak akan melayangkan pertanyaan yang jauh dari penelitian sobat, apabila ada seorang dosen yang melayangkan pertanyaan yang sedikit melenceng dari penelitian sobat, jawab saja "maaf pak, pertanyaan bapak agak melenceng dari penelitian saya"

2. Berdoa
Berdoa lah kepada Tuhan YME, agar semua urusan sobat bisa sobat jalani dengan mudah, insya Allah dengan meminta kemudahan kepada tuhan, pasti sobat akan diberikan kemudahan saat menjalani sidang skripsi.

3. Minta restu dari orang terdekat
Mintalah restu dari Ayah, Ibu, Nenek, Kakek atau sanak saudara dari keluarga sobat atau bahkan pacar, dengan doa serta restu mereka insya Allah akan diberikan kemudahan pada saat menjalankan sidang skripsi. Dan yang paling terpenting lagi...

4. Persiapkan segala sesuatunya jauh sebelum hari H
Dengan cara ini otomatis akan lebih memperlancar lagi saat sidang akan dihadapi, mulai dari setelan apa yang harus dipakai dan yang lainnya. jangan pakai sistem "SKS" (Sistem Kebut Semalam)



Saat menjalani sidang:

1. Berpakaianlah serapi dan sebaik mungkin
Setiap Universitas memiliki kebijakan masing-masing kepada mahasiswanya yang akan menjalani sidang skripsi supaya mengenai pakaian apa yang harus mereka pakai, sebagian ada yang memerintahkan hanya memakai atasan kemeja putih, celana bahan hitam tanpa dasi atau dengan dasi, bahkan ada yang memerintahkan mahasiswanya memakai setelan jas, jika memakai jas, jangan lupa pakailah pakaian jas yang sudah nyetel dengan bentuk badan sobat agar tidak terlihat "gombrang" atau kekecilan, pakaikan dasi jika dibutuhkan dengan serapi mungkin dan jangan lupa sepatu yang dipakai harus bersih dari kotoran.

2. Bersikaplah percaya diri, tenang dan ucapkan salam terhadap dosen penguji
Dengan hal ini, dapat menunjukan kepada para dosen bahwa anda sudah membuat persiapan yang sematang mungkin, sebisa mungkin terus berikan senyuman terhadap para dosen penguji.

3. Buat presentasi sederhana yang singkat, jelas dan padat

Dengan presentasi yang singkat, jelas dan padat otomatis akan memberi nilai tambahan saat sidang nanti. Karena salah satu kriteria penilaian dilihat dari kejelasan sang mahasiswa dalam menyampaikan hasil penelitiannya tanpa bertele-tele.

4. Jangan takut salah menjawab pertanyaan dosen

Lebih baik menjawab dengan salah daripada menjawab tidak tahu, jika menjawab tidak tahu maka akan mengurangi nilai sidang skripsi sobat

5. Jawablah dengan YAKIN dan JUJUR
 Dengan menjawab pertanyaan dosen penguji secara tegas dan yakin serta jujur, maka akan lebih memudahkan sobat menjalani sidang skripsinya, mengapa? karena biasanya jika sobat tidak menjawab dengan yakin, maka dosen akan memulai permainan mentalnya terhadap sobat, pertanyaan pun akan diulang-ulang sehingga semakin membuat anda pusing mendengarnya

Yak... segitu saja dulu, tips-tips di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya dan teman-teman seangkatan saya, apabila ada yang mau ditambahkan silahkan berikan komentar di kolom bawah, semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi sobat-sobat yang akan menjalankan sidang skripsinya. Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar